anti rokok

Sumber gambar poster : http://desaingratis.com/info/45-poster-anti-rokok-terbaik/

BERIKUT MARI KITA MULAI MENGANALISIS

  1. Media Grafis :  Berupa sebuah poster
  2. Target             :  Ditujukan kepada para pengguna rokok aktif
  3. Anatomi Poster
  • Dari Segi Ilustrasi :          

Tanda Visual :

Gambar tangan sedang memegang korek api yang menyala, kemudian di sebelahnya ada beberapa puntung rokok dan sebuah jam yang diikat dengan sumbu tali.

Gambar jam memberi arti berkelanjutan dari bahaya menyalakan rokok tersebut, yaitu diibaratkan jam adalah simbol dari waktu yang terus berputar hingga masa depan terus berjalan.

Ilustrasi tersebut dapat diceritakan jika sebuah tangan itu sudah menyalakan korek api, kemudian didekatkan dengan sumbu api, maka beberapa puntung rokok tersebut akan menyala sampai habis dan jam yang didekatnya akan berhenti berdetak, sehingga para pengguna rokok tersebut akan kehilangan waktu masa depan yang begitu panjang.

-Layout :

Tata letak dan setting pada gambar terlihat tertata rapi, enak dilihat sehingga memudahkan pembaca untuk memahami isi / maksud dari poster tersebut.

Tagline :

Terdapat slogan yang cukup mengena pada poster tersebut yaitu

“EVERY BREATH YOU TAKE WILL EVENTUALLY DESTROY YOUR FUTURE” yang berarti setiap napas yang Anda ambil pada akhirnya akan menghancurkan masa depan Anda.

Salah satu hal yang dapat merugikan kesehatan bahkan sampai membuat kematian ialah merokok. Karena mengisap rokok banyak sekali menyimpan racun-racun yang berbahaya, yang dapat menyebabkan paru-paru dan juga dapat berdampak terhadap jantung serta dapat mengakibatkan impotensi.

Tagline tersebut semakin menguatkan maksud dari ilustrasi tersebut.